ANGGITA EKA PRATIWI, 1213024005 (2016) PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS IX SE-KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2870Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2871Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi literasi sains berdasarkan status sekolah dan gender pada siswa SMP kelas IX se-kecamatan Seputih Raman. Sampel berjumlah 281 siswa diambil dengan metode purposive sampling. Data kompetensi literasi sains diambil menggunakan tes literasi yang diadopsi dari 30 soal PISA 2006 lalu dikaitkan dengan faktor-faktor yang diduga memengaruhi kompetensi literasi sains. Data dianalisis menggunakan rumus persentase dan uji kesamaan rerata. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains siswa SMP se-kecamatan Seputih Raman berkriteria “sangat rendah” dengan rerata skor 32,55±0,83. Jika ditinjau berdasarkan status sekolah, literasi sains siswa di sekolah negeri lebih tinggi dan berbeda signifikan dibandingkan dengan sekolah swasta, sedangkan jika dilihat berdasarkan gender kompetensi siswa perempuan lebih tinggi namun berbeda tidak signifikan dengan kompetensi literasi sains siswa laki-laki. Kompetensi literasi sains tertinggi terdapat pada aspek mengidentifikasi permasalahan ilmiah dan terendah pada aspek penggunaan bukti-bukti ilmiah. Faktor-faktor yang diduga memengaruhi kompetensi literasi sains yaitu faktor eksternal berupa profesionalisme guru dan pembelajaran yang tidak mendukung literasi serta belum terbiasa mengerjakan soal berbentuk wacana. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kompetensi literasi sains siswa kelas IX se-kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah berkriteria “sangat rendah”. Kata kunci: gender, literasi sains, status sekolah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2187332 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:39 |
Terakhir diubah: | 20 Jul 2016 07:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23025 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |