EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN

MAHDALENA NOVITASARI PURBA , 1113023038 (2016) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (995Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan keterampilan mengomunikasikan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control-Group Design. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,56 dan 0,73 dan keterampilan mengomunikasikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,53 dan 0,73. Hasil pengujian hipotesis uji-t menunjukkan bahwa model discovery learning pada materi koloid efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan keterampilan mengomunikasikan. Kata kunci : keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengomunikasikan, koloid, model discovery learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 5394509 . Digilib
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:50
Terakhir diubah: 21 Oct 2016 08:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24168

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir