Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas I B SD Negeri 11 Metro Pusat

Cahya, Cahya Sari (2014) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas I B SD Negeri 11 Metro Pusat. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (267Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (384Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (634Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SD Negeri 11 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning tipe NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dengan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning Tipe NHT, menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I mencapai 52,80 (Cukup Aktif), siklus II 62,60 (Cukup Aktif), siklus III 76,82 (Aktif). Hasil belajar dibagi menjadi tiga ranah, yakni afektif, psikomotor, dan kognitif. Hasil belajar afektif siklus I 56,95 (Cukup), siklus II 63,17 (Cukup), dan siklus III 77,75 (Baik). Hasil belajar psikomotor siklus I 60,85 (Cukup), siklus II 65,35 (Baik), dan siklus III 85,65 (Sangat Baik). Sedangkan pada hasil belajar kognitif siswa siklus I 60% (Sedang), siklus II 70% (Tinggi), dan siklus III 86,67% (Sangat Tinggi). Penerapan model cooperative learning Tipe NHT dalam pembelajaran tematik terpadu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model numbered heads together, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 006803 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2014 03:25
Terakhir diubah: 15 Aug 2014 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir