Saras Rohmawati, 1013053084 (2014) PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVA SD NEGERI 1 NUNGGALREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, FKIP.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (334Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (471Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SD Negeri 1 Nunggalrejo, yakni hanya 10 siswa (45,45%) telah mencapai KKM dan yang mencapai KKM yakni 12 siswa (54,55%) dari nilai KKM 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SD Negeri 1 Nunggalrejo menggunakan metode guided discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori “Cukup Percaya Diri” menjadi “Sangat Percaya Diri” di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai “Cukup Terampil” menjadi “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 50% menjadi 77,27% pada siklus II. Penerapan metode Guided Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, guided discovery learning, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 790578 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 05:01 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 05:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2505 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |