VERIDIANA EKA CHRISTY, 1013053122 (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV C SDN 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, FKIP.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (370Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan telaah dokumen, terdapat 12 orang dari 25 siswa yang belum memperoleh nilai minimal 66 atau mencapai kategori baik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV C SDN 11 Metro Pusat melalui model problem posing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik non tes dan tes, alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem posing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas IV C SDN 11 Metro Pusat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata klasikal keterampilan berpikir kreatif siswa siklus I yaitu 64,44 (cukup). Pada siklus II nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif mengalami peningkatan sebanyak 7,62 menjadi 72,06 (terampil). Berlanjut pada siklus III nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif kembali meningkat sebanyak 3,16 menjadi 75,22 (terampil). Pada siklus I nilai rata-rata kelas 65,80 dengan ketuntasan belajar siswa adalah 56,00%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 70,40 dengan ketuntasan belajar siswa adalah 68,00%. Pada siklus III nilai rata-rata kelas adalah 74,60 dengan ketuntasan belajar siswa adalah 80,00%. Kata kunci : Model problem posing, keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 073801 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 04:12 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 04:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2611 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |