PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN SELF EFFICACY PADA MATERI ASAM BASA

VENI DARMAWANTI, 1313023084 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN SELF EFFICACY PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1012Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (936Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa pada materi asam basa. Metode penelitian ini mengguna-kan kuasi eksperiemen dengan Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas eks-perimen dan XI IPA1 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 6 Metro. Pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang ditentukan berdasarkan keter-laksanaan strategi scaffolding dan pembelajaran SiMaYang, serta peningkatan ke-mampuan literasi kimia dan self efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa dengan n-Gain berkategori “tinggi”, sedangkan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding juga memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemam-puan literasi kimia dan self efficacy siswa, namun dengan n-Gain berkategori “sedang”. Kata kunci:literasi kimia, pembelajaran SiMaYang, pengaruh, scaffolding, self efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 75861408 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2017 07:27
Terakhir diubah: 24 Jul 2017 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27389

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir