PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI VARIABEL DAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL

Rusdi, LILIYA NOVIYANA (2013) PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI VARIABEL DAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. hlm. persetujuan.pdf - Published Version

Download (269Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. pernyataan.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf - Published Version

Download (141Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2015Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran learning cycle 3E pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi variabel dan mendeskripsikan hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara semester genap Tahun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rerata n-Gain keterampilan mengidentifikasi variabel kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,19 dan 0,34; dan rerata n-Gain keterampilan mendeskripsikan hubungan antar variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,07 dan 0,32. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran model learning cycle 3E pada materi asam basa dapat meningkatkan keterampilan mengidentifikasi variabel dan mendeskripsikan hubungan antar variabel. Kata kunci : Learning Cycle 3E, mengidentifikasi variabel, mendeskripsikan hubungan antar variabel.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 Jan 2014 01:33
Last Modified: 09 Jan 2014 01:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item