Rahma Diana, 1013109131 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN METODE DISKUSI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WAY KEPAYANG KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (648Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (682Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (952Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (959Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (167Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1625Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi di SD Negeri 2 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data aktivitas siswa dan kinerja guru diamati dengan menggunakan lembar observasi, serta tes hasil belajar pada disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan hasil pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas belajar siswa skor rata-rata 47,5% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 61%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 80% dan pertemuan ke-2 mencapai 83%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,66 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 78. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan metode diskusi meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Metode Diskusi, Aktivitas, Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 592244 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 08:04 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2014 08:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2866 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |