Rahma Diana, 1013109131 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN METODE DISKUSI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WAY KEPAYANG KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (648Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (682Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (952Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (959Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (167Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1625Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi di SD Negeri 2 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data aktivitas siswa dan kinerja guru diamati dengan menggunakan lembar observasi, serta tes hasil belajar pada disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan hasil pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas belajar siswa skor rata-rata 47,5% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 61%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 80% dan pertemuan ke-2 mencapai 83%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,66 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 78. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan metode diskusi meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Metode Diskusi, Aktivitas, Hasil Belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 592244 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 08:04 |
Last Modified: | 20 Aug 2014 08:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |