PENGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

YULIA SAFITRI , 1313052063 (2017) PENGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2862Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2866Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini komunikasi interpersonal siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA N 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode Penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. kemudian dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan setelah di berikannya layanan konseling kelompok teknik role playing . Hal ini ditunjukan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Zhitung = -2,207 dan Ztabel = 0,05 = 1,645 dengan taraf signifikansi p = 0,027 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil analisis memperlihatkan peningkatan sebesar 25.50 %. Karena Zhitung< Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelmpok teknik role playing. Kata kunci : komunikasi interpersonal, konseling kelompok, teknik role playing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Psikologi (General)
> > Psikologi (General)

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 15396769 . Digilib
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:00
Terakhir diubah: 23 Oct 2017 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28732

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir