EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NEGERIKATON TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PUTRI GITA MARDIANI , 1313041066 (2017) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NEGERIKATON TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
2 SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (948Kb)
[img]
Preview
File PDF
3 SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (800Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah efektivitas teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Negerikaton Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian untuk menguji efektivitas teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Negerikaton Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Negeri Katon yang berjumlah 606 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Dengan teknik tersebut, sampel penelitian yang diperoleh yaitu kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. iii Hasil uji perbedaan, pretest kelas eksperimen dan kontrol hasilnya sama karena kemampuan awal kedua kelas tersebut homogen. Rerata pretest kelas eksperimen sebesar 51 dan kelas kontrol sebesar 55, keduanya dalam kategori kurang. Hasil uji pretest-posttest dan uji posttest teruji berbeda. Skor rerata posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu sebesar 84 (Baik) > 74 (Cukup). Hasil penghitungan uji t menghasilkan nilai (Sig. 2-tailed) ≤ 0,05 (0,000 ≤ 0,05) dan nilai thitung (4.429) ≥ ttabel (2,002) maka diterima. Dengan demikian, teknik pemberian tugas secara kelompok lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kata Kunci: efektivitas, menulis teks eksplanasi, teknik pemberian tugas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 97952272 . Digilib
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:01
Terakhir diubah: 23 Oct 2017 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir