Tia Kurniawati, 1013034074 (2014) PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3212Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natar. Metode yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus selama 6 kali pertemuan, satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 peserta didik dari kelas XI IPS 3 yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 14 siswa laki- laki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase siswa berminat belajar tinggi pada pertemuan I sebesar 39,39% (13 orang) dan pada pertemuan II sebesar 45,46% (15 orang) sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 48,48% (16 Orang). Pada siklus II persentase minat siswa terus mengalami peningkatan hingga mencapai 66,67% (22 orang) pada pertemuan II. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat menjadi 60,61% (20 Orang). Selanjutnya pada siklus III, persentase siswa berminat belajar tinggi pada pertemuan I sebesar 69,70% (23 orang) dan pada pertemuan II meningkat menjadi 78,79% (26 orang). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III juga ikut meningkat menjadi 75,76% (25 orang). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2013/2014. Oleh karena itu disarankan menggunakan metode pembelajaran diskusi dalam pembelajaran geografi agar siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Diskusi. This study aims to analyze the use of discussion method in increase learning and learning outcomes geography class XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natar. The method used was action research conducted in 3cycles for 6 sessions, one cycle consisting of 2 meetings. Subjects in this study were 34 students of class XI IPS3 consisting of 20 female students and 14 male students. Data taken in the form of test results and observations from the final cycle of learning interest. The results showed that in the first cycle, a high percentage of students interested in studying at a meeting was39,39% (13 people) and the second meeting was 45,45% (15 people) and the percentage of student learning outcomes completeness 48,48% (16 people). In the second cycle the percentage interest of the students continued to increase up to 66,67% (22 people) at the second meeting andthe percentage of mastery learning outcomes of students increased to 60,61% (20 people). Furthermore, in the third cycle, the percentage of students interested in higher learning at the first meeting at 69,70% (23 people) and the second meeting increased to 78,79% (26 people), the percentage of mastery of learning outcomes of students in the third cycle also increased to 75,76% (25 people). Based on these results we can conclude that the discussion through the use of learning methods to improve the learning interest and learning outcomes geography class XI IPS 3 SMA Negeri 1Natar school year 2013/2014. It is therefore recommended to use discussion methods in teaching geography so that students take an active role in the learning process. Keywords: Interest in Learning, Learning Outcomes, Learning Method Discussion
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | terong . Digilib |
Date Deposited: | 21 Aug 2014 08:40 |
Terakhir diubah: | 21 Aug 2014 08:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3030 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |