EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETHNOMATHEMATIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhamadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/ 2018)

Resa Yulia Puspita, 1413021058 (2018) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETHNOMATHEMATIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhamadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/ 2018). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1532Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1532Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery berbasis ethnomathematic terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 177 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B berjumlah 29 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes (posttest) mengenai kemampuan komunikasi matematis. Uji statistika yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery berbasis ethnomathematic tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, tetapi rata-rata kemampuan komunikasi matematisnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: discovery learning, efektivitas, ethnomathematic, kemampuan komunikasi matematis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 30254069 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:36
Last Modified: 06 Apr 2018 06:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item