UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) ( Studi pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sidomulyo Semester GenapTahun Pelajaran 2012 / 2013)

Umar, RUSTAM EFFENDI (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) ( Studi pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sidomulyo Semester GenapTahun Pelajaran 2012 / 2013). Fakultas MIPA, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (2033Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (718Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (280Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (48Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (10Mb)

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sidomulyo pada semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013, melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, yang setiap siklusnya meliputi 4 tahap kegiatan yakitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi pada setiap pertemuan dan data pemahaman konsep matematika diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan persentase siswa aktif dan hasil belajar matematika. Persentase rata-rata siswa aktif pada Siklus I, II, III adalah ����%; 75,6%; dan 85%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, II, III adalah 83,3%; 80%; dan 76,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, STAD

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas MIPA > Prodi Matematika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 07 Jan 2014 08:05
Last Modified: 07 Jan 2014 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item