PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN KEMAMPUAN AKADEMIK

HAYATUN NUFUS , 1413022030 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN KEMAMPUAN AKADEMIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (840Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (840Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang fundamental pada pembelajaran abad ke-21. Berdasarkan penelitian pendahuluan di 25 SMP di Bandar Lampung, dikatakan bahwa pembelajaran fisika di sekolah-sekolah ini belum maksimal dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan perbedaan kemampuan akademik, yaitu kemampuan akademik tinggi dan rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan metode Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design dengan perbedaan penerapan model pembelajaran setiap subbab materi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan pretest dan posttest soal essai yang mengacu pada 5 kriteria berpikir kritis Ennis (2011). Kemampuan akademik siswa diperoleh dari Hayatun Nufus iii nilai IPA semester ganjil 2017/2018 dan rekomendasi guru. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan setelah penerapan model Argument Driven Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik tinggi yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,035 dan 0,021 (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik rendah yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,00 dan 0,003 pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, model penerapan Argument Driven Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Kata Kunci: Argument-Driven Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Kemampuan Akademik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 188830775 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:26
Terakhir diubah: 11 Oct 2018 08:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33616

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir