., Yahya Premana (2013) MODIFIKASI KAPASITAS CYLINDER PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA 100CC MENJADI 125CC DENGAN MENGGUNAKAN CYLINDER DAN HEAD CYLINDER HONDA SUPRA X 125CC. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
Text
3. Cover Dalam.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
1. Abstak English.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak Indonesia.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
4. Halaman Persetujuan.pdf Download (325Kb) | Preview |
|
|
Text
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (304Kb) | Preview |
|
|
Text
6. Halaman Pernyataan.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
Text
11. Daftar Isi.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
12. Daftar Tabel.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
Text
13. Daftar Gambar.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
Text
14. Daftar Simbol.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (904Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (1743Kb) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (738Kb) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 2.pdf Download (750Kb) | Preview |
Abstrak
Modifikasi kendaraan sepeda motor banyak dilakukan pada sepeda motor baru hingga sepeda motor lama, seperti: Honda Supra 100cc di produksi pada tahun 1997. Sepeda motor Honda Supra 100cc dengan basis mesin 100cc sangat laris di pasaran tetapi sepeda motor Honda Supra 100cc masih terdapat banyak kekurangan di bidang performa dan efesiensi bahan bakar yang rendah jika dibandingkan dengan sepeda motor Honda Supra X 125cc. Ada banyak cara untuk meningkatkan akselerasi dan tenaga motor salah satunya dengan meningkatkan volume ruang bakar (cylinder capacity) dan menaikan perbandingan kompresi (compresion rasio). Tetapi dampak yang ditimbulkan proses modifikasi tersebut menimbulkan pemakaian bahan bakar yang lebih boros dan memperkecil umur pemakaian kendaraan. Pada penelitian yang akan dilakukan ini, akan memodifikasi kapasitas ruang bakar pada sepeda motor Honda Supra 100cc menjadi 125cc dengan mengaplikasikan penggunaan cylinder, cylinder head, crankshaft (poros engkol) dan tensioner dari sepeda motor Honda Supra X 125cc yang nantinya dilakukan beberapa variasi pengujian diantaranya adalah pengujian komsumsi bahan bakar dalam kondisi stasioner. Pengujian konsumsi bahan bakar secara berboncengan dan tanpa berboncengan. Pengujian akselerasi. Pengujian kecepatan dan putaran mesin maksimum. Dari pengujian membuktikan bahwa modifikasi kapasitas cylinder pada sepeda motor honda supra 100cc menjadi 125cc dengan menggunakan cylinder dan head cylinder honda supra x 125cc mampu menurunkan konsumsi bahan bakar hingga sebesar 19,63% pada pengujian stasioner pada putaran 1400 rpm dan 4000 rpm. Pada pengujian konsumsi bahan bakar berjalan tanpa berboncengan dan secara berboncengan mampu menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 27,19%. Pada pengujian akselerasi 0-80 km/jam mampu menurunkan waktu akselerasi sebesar 3,91 detik atau sebesar 20,03 % dan hasil pengujian akselerasi 60-80 km/jam diperoleh penurunan waktu akselerasi 37%. Dan pengujian putaran dan kecepatan maksimum mampu meningkatkan kecepatan sebesar 3,7% dan peningkatan putaran maksimum sebesar 1,66% dari kondisi sepeda motor Honda Supra 100cc standar. Kata kunci: Modifikasi, Efesiensi mesin, Efesiensi bahan bakar
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Teknik mesin dan mesin > Teknik mesin dan mesin |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 08:05 |
Last Modified: | 07 Jan 2014 08:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |