PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V B SD NEGERI 5 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Tasman, ARIEF BACHTIAR PUTRA (2013) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V B SD NEGERI 5 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (313Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (495Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (10Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (35,71%), siklus II (58,93%), dan siklus III (87,5%). Peningkatan dari siklus I ke siklus II (23,22%) dan dari siklus II ke siklus III (28,6%). Sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (57,86), siklus II (65), dan siklus III (90). Peningkatan dari siklus I ke siklus II (7,14) dan dari siklus II ke siklus III (25). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas V Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis pada pembelajaran PKn supaya aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran PKn membosankan. Kata kunci: model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) media grafis, aktivitas dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 04:26
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir