Mila Vanalita, 1013024046 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Cover Depan.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.Persetujuan.pdf Download (479Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.Pengesahan.pdf Download (765Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.Pernyataan.pdf Download (321Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Moto.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Persembahan.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. San wacana.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (422Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (28Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata nilai kemampuan komunikasi lisan siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 0,05. Mila Vanalita Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki kemampuan komunikasi lisan dengan kriteria baik (81,48± 5,13). Dalam setiap aspek kemampuan komunikasi lisan rata-rata siswa (menunjukkan etika, kesediaan menghargai pendapat orang lain, kelancaran, pemahaman isi materi dan penggunaan bahasa) yang baik. Siswa menunjukkan etika berbicara dengan kriteria “baik” (77,16± 6,11) dengan mengucapkan salam dan terimakasih ketika mengawali dan mengakhiri pembicaraan. Siswa menunjukkan kesediaan menghargai pendapat orang lain dengan kriteria “baik” (80,86± 0,87) dengan mendengarkan dengan seksama pendapat siswa lain dan ketika terjadi perbedaan pendapat mereka tidak saling memaksakan pendapatnya, melainkan bersama-sama mendiskusikan perbedaan tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang padu. Siswa memiliki pemahaman isi materi dengan kriteria “sangat baik” (87,04± 0,87) sehingga dapat menyampaikan materi dengan kelancaran yang berkriteria “baik” (86,42± 5,24), tidak terbata-bata serta penggunaan bahasa dengan kriteria “baik” (75,93± 6.11) yaitu dengan berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai gain berkriteria baik (0,57± 0,18). Sebagian besar siswa (96,30 %) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : hasil belajar, komunikasi lisan, pembelajaran kooperatif Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 615070 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 03:16 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2014 03:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3492 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |