Muhammad Ali, YUSMALA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SUGIH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (252Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (309Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (261Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (312Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (146Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (410Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2375Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Model CTL siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan aktivitas siswa siklus I 61,06%, siklus II 71,30% dan siklus III yaitu 81,36%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I 63,55 siswa tuntas 19 orang (66%) dan yang tidak tuntas 10 orang (34%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus II 72,53 siswa tuntas 23 orang (79%) dan yang tidak tuntas 6 orang (21%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus III 77,56 siswa tuntas 29 orang (100%) dan yang tidak tuntas 0 orang (0%). Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:14 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/350 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |