PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SUGIH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Muhammad Ali, YUSMALA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SUGIH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (309Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (250Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (261Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (312Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (410Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2375Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Model CTL siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan aktivitas siswa siklus I 61,06%, siklus II 71,30% dan siklus III yaitu 81,36%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I 63,55 siswa tuntas 19 orang (66%) dan yang tidak tuntas 10 orang (34%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus II 72,53 siswa tuntas 23 orang (79%) dan yang tidak tuntas 6 orang (21%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus III 77,56 siswa tuntas 29 orang (100%) dan yang tidak tuntas 0 orang (0%). Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:14
Last Modified: 11 Jan 2014 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item