UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Puji Yanti, 0853024036 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
CAVER LUAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
CAVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (585Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMPN 1 Sukau, diketahui bahwa selama ini guru kurang memberdayakan kemampuan berpikir kritis secara optimal, khususnya pada uraian materi pokok ekosistem. Hal tersebut terlihat dalam pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dan diskusi biasa. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 77,60; kontrol = 49,10). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 60,40; kontrol = 56,30). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Kata kunci:aktivitas belajar, hasil belajar, numbered head together.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 469657 . Digilib
Date Deposited: 29 Sep 2014 06:33
Terakhir diubah: 29 Sep 2014 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir