Tanelmi, SEPTI ARIANINGSIH (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVB SD NEGERI 8 METRO BARAT TP. 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hal. Persetujuan.pdf - Published Version Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version Download (248Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (454Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IVB SD Negeri 8 Metro Barat permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yakni 13 siswa dari 24 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 63. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IVB SD Negeri 8 Metro Barat melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble dengan menggunakan media grafis. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble dengan menggunakan media grafis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa pada siklus I yaitu 67,25 dengan kategori baik, siklus II sebesar 71,00 dengan kategori baik dan pada siklus III sebesar 81,33 dengan kategori sangat baik. Kinerja guru pada siklus I yaitu 72,85 dengan kategori baik, siklus II yaitu 75,71 dengan kategori baik dan pada siklus III sebesar 83,71 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 49,68 dengan ketuntasan 33,3% kategori rendah, siklus II yaitu 74,15 dengan ketuntasan 66,7% kategori tinggi dan siklus III yaitu 77,91 dengan ketuntasan 83,3% kategori sangat tinggi. Kata kunci: model Cooperative Learning tipe Scramble, media grafis, motivasi dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 08:07 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 08:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/368 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |