PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION ( S T A D ) PADA SISWA KELAS V SD SETIA BUDI TELUKBETUNG SELATAN KOTA BANDARLAMPUNG

Soeran Bin Santarwi, SUYANTO (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION ( S T A D ) PADA SISWA KELAS V SD SETIA BUDI TELUKBETUNG SELATAN KOTA BANDARLAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (191Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1152Kb)

Abstrak

Berdasarkan observasi data awal yang diperoleh di SD Setia Budi Telukbetung Selatan aktivitas dan prestasi hasi belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran IPS 14 siswa mendapatkan nilai diatas nilai 60 ( KKM ) dan dinyatakan.Tuntas atau 45,2% tuntas dan 17 siswa yang dinilainya dibawah KKM 54,8% belum dinyatan tuntas maka diupayakan untuk meningkatkan ativitas dan prestasi belajar siswa tersebut. Berdasarkan kenyataan di atas penelitian menerapkan model pembelajaran STAD ( Student Team Ahievemen Division ) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pada materi Tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa sejarah masa Hindu,Budha,Islam di Indonesia.Peneliti ini melibatkan 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan kelas V SD Setia Budi Telukbetung Selatan semester ganjil 2013-2014. Peneliti menggunakan metode tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakandu siklus. Masing-masingsiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencana,pelaksana,observasi,dan refleksi, Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kerja ,observasi siswa serta test hasil belajar disetiap siklus. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD ( Student Team Achiement Division ) dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Setia Budi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil prestasi belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitasnya pada siklus I 54.9 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,0 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 54,9 meningkat pada siklus II 75,0 % Menjadi 100% anak didik tuntas. Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi, Belajar, dan model STAD.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:18
Last Modified: 11 Jan 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item