Soeran Bin Santarwi, SUYANTO (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION ( S T A D ) PADA SISWA KELAS V SD SETIA BUDI TELUKBETUNG SELATAN KOTA BANDARLAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (191Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (322Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (116Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1152Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi data awal yang diperoleh di SD Setia Budi Telukbetung Selatan aktivitas dan prestasi hasi belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran IPS 14 siswa mendapatkan nilai diatas nilai 60 ( KKM ) dan dinyatakan.Tuntas atau 45,2% tuntas dan 17 siswa yang dinilainya dibawah KKM 54,8% belum dinyatan tuntas maka diupayakan untuk meningkatkan ativitas dan prestasi belajar siswa tersebut. Berdasarkan kenyataan di atas penelitian menerapkan model pembelajaran STAD ( Student Team Ahievemen Division ) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pada materi Tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa sejarah masa Hindu,Budha,Islam di Indonesia.Peneliti ini melibatkan 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan kelas V SD Setia Budi Telukbetung Selatan semester ganjil 2013-2014. Peneliti menggunakan metode tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakandu siklus. Masing-masingsiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencana,pelaksana,observasi,dan refleksi, Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kerja ,observasi siswa serta test hasil belajar disetiap siklus. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD ( Student Team Achiement Division ) dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Setia Budi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil prestasi belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitasnya pada siklus I 54.9 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,0 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 54,9 meningkat pada siklus II 75,0 % Menjadi 100% anak didik tuntas. Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi, Belajar, dan model STAD.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:18 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |