Kartika Ayu Wulandari, 1013024041 (2014) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUSAKAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (375Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir rasional siswa pada materi keterkaitan kegiatan manusia dengan masalah perusakan dan pelestarian lingkungan. Desain penelitian adalah desain pretest-postest kelompok non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data keterampilan berpikir rasional siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t1, uji t2, dan uji U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa (N-gain 63,53). Indikator mengambil keputusan merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains. Hasil rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa memperlihatkan bahwa persentase aktivitas pada kelas yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains (KPS) lebih tinggi daripada kelas yang tidak menerapkan pendekatan KPS. Aspek aktivitas belajar paling tinggi yang dicapai siswa adalah aspek menemukan masalah yaitu dengan persentase sebesar 82,67% pada kelas eksperimen dan 70,67% pada kelas kontrol. Dengan demikian penerapan pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi keterkaitan kegiatan manusia dengan masalah perusakan dan pelestarian lingkungan. Kata kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS) , keterampilan berpikir rasional, kegiatan manusia, perusakan dan pelestarian lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 819921 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 07:24 |
Terakhir diubah: | 02 Oct 2014 07:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3764 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |