PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUSAKAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

Kartika Ayu Wulandari, 1013024041 (2014) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUSAKAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (375Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir rasional siswa pada materi keterkaitan kegiatan manusia dengan masalah perusakan dan pelestarian lingkungan. Desain penelitian adalah desain pretest-postest kelompok non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data keterampilan berpikir rasional siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t1, uji t2, dan uji U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa (N-gain 63,53). Indikator mengambil keputusan merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains. Hasil rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa memperlihatkan bahwa persentase aktivitas pada kelas yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains (KPS) lebih tinggi daripada kelas yang tidak menerapkan pendekatan KPS. Aspek aktivitas belajar paling tinggi yang dicapai siswa adalah aspek menemukan masalah yaitu dengan persentase sebesar 82,67% pada kelas eksperimen dan 70,67% pada kelas kontrol. Dengan demikian penerapan pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi keterkaitan kegiatan manusia dengan masalah perusakan dan pelestarian lingkungan. Kata kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS) , keterampilan berpikir rasional, kegiatan manusia, perusakan dan pelestarian lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 819921 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2014 07:24
Terakhir diubah: 02 Oct 2014 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir