Suagiri , TIKA FRANSISKA (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 3 KARANG ENDAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (368Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (7Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini berlatarbelakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas IVB SD Negeri 3 Karang Endah. Tujuan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 50,41% dengan kualifikasi cukup aktif, siklus II sebesar 62,58% dengan kualifikasi aktif, dan siklus III sebesar 81,50% dengan kualifikasi sangat aktif. Persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 62,50%, siklus II sebesar 70,84%, dan siklus III sebesar 83,33%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung uji perbedaan hasil tes formatif dengan menggunakan t-tes, didapatkan hasil t (siklus I-II) = 6,617 > t = 2,069 dan t tabel (siklus II-III) = 7,830 > t hitung tabel hitung = 2,069 pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata kunci: Model jigsaw, media grafis, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:19 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/381 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |