Ketut, Komang Widre (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Pelita Bangsa Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas MIPA, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (77Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Pelita Bangsa Bandar Lampung karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru di kelas. Siswa bersikap pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan pengalaman bagi siswa untuk belajar secara aktif dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar dan (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Pelita Bangsa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian dan pem-bahasan diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan cara membagi kelompok berdasarkan kemampuan akademik, memberikan presentasi singkat mengenai materi belajar, membagikan LKS kepada kelompok untuk didiskusikan, membahas secara bersama-sama dan pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik serta pemberian tes secara individu. Berdasarkan hasil analisis aktivitas belajar diketahui bahwa persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 50% siswa aktif, pada siklus II meningkat 19% menjadi 69% siswa aktif, dan pada siklus III meningkat sebesar 12% menjadi 81% siswa aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68,74 dengan persentase ketuntasan belajar 50%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 5,51 menjadi 74,25 dengan 68,75% siswa tuntas belajar, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar kembali meningkat sebesar 6,69 menjadi 80,94 dengan persen-tase ketuntasan belajar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Q Science (General) > QA Mathematics |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 08:06 |
Terakhir diubah: | 07 Jan 2014 08:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/39 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |