LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 BATANGHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

., SUYANI (2013) LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 BATANGHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (631Kb)

Abstrak

Penelitiaan ini berawal dari hasil belajar IPA siswa masih sangat rendah, dari 14 orang siswa baru 9 orang (60%) yang mencapai KKM sedangkan 5 orang (40%) belum mencapai.KKM . Hasil belajar rata-rata 60 masih di bawah kreteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Hal ini disebabkan pembelajaran masih didominasi guru, pembelajaran belum menggunakan metode dan sumber pembelajaran yang tepat serta siswa belum berperan aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar panduan observasi. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes dengan teknik analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (enam puluh empat koma dua puluh delapan persen) dan siklus II (tujuh puluh sembilan koma empat puluh tiga persen) peningkatannya mencapai delapan belas koma lima belas persen. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada siklus I enam puluh lima koma nol menjadi tujuh puluh tiga koma delapan puluh lima pada siklus II atau meningkat delapan koma delapan puluh lima. Kata kunci: Media lingkungan, sumber belajar, aktivitas, dan hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:20
Last Modified: 11 Jan 2014 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item