PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS I A SD NEGERI I METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Eni Setianingsih, 1013053009 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS I A SD NEGERI I METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (431Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin dan hasil belajar siswa kelas I A SD Negeri I Metro Utara Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran tematik terpadu kelas I A SD Negeri I Metro Utara Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai disiplin siswa pada siklus I (67,10) persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 64,51% (20 siswa), siklus II (74,68) meningkat sebesar 7,58 persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 74,19% (23 siswa), dan siklus III (82,58) meningkat sebesar 7,9 persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 80,65% (25 siswa). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I (66,76) persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 61,29% (19 siswa), siklus II (72,86) meningkat sebesar 6,1 persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 70,97% (22 siswa), dan siklus III (80,81) meningkat sebesar 7,95 siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 80,65% (25 siswa). Kata kunci : cooperative learning tipe make a match, disiplin, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:10
Terakhir diubah: 13 Oct 2014 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3909

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir