Eni Setianingsih, 1013053009 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS I A SD NEGERI I METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (431Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin dan hasil belajar siswa kelas I A SD Negeri I Metro Utara Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran tematik terpadu kelas I A SD Negeri I Metro Utara Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai disiplin siswa pada siklus I (67,10) persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 64,51% (20 siswa), siklus II (74,68) meningkat sebesar 7,58 persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 74,19% (23 siswa), dan siklus III (82,58) meningkat sebesar 7,9 persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 80,65% (25 siswa). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I (66,76) persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 61,29% (19 siswa), siklus II (72,86) meningkat sebesar 6,1 persentase siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 70,97% (22 siswa), dan siklus III (80,81) meningkat sebesar 7,95 siswa mendapat nilai ≥ 66 sebesar 80,65% (25 siswa). Kata kunci : cooperative learning tipe make a match, disiplin, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:10 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |