Habiba, Maria (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Universitas Lampung.
|
File PDF
Maria Habiba_ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_COVER.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_PERNYATAAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_DAFTAR ISI DLL.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_BAB I.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_BAB II.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_BAB III.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_BAB IV.pdf Download (398Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Maria Habiba_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran (3) Sistem evaluasi (4) Peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan pendekatan model pembelajaran inkuiri . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas X.1 dan X.2 SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Siklus I pembelajaran inkuiri dilaksanakan dengan menggunakan media berupa artikel dari koran dan pemberian tanggapan siswa per kelompok, Siklus II menggunakan media berupa artikel dari koran dan analisis per siswa dengan menggunakan format yang telah disediakan, Siklus III menggunakan media berupa artikel dari koran dan presentasi per kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai RPP Siklus I adalah 68,75% (kategori cukup baik), Nilai RPP Siklus II adalah 84,38% (kategori baik), nilai RPP Siklus III adalah 87,50% (kategori baik sekali). (2) Pelaksanaan pembelajaran inkuiri telah berjalan dengan baik. Aktivitas belajar pada siswa Kelas X.1 pada Siklus I menunjukkan jumlah siswa yang aktif 14 siswa (36,84%), meningkat menjadi 26 siswa (68,42%) pada Siklus II dan menjadi 35 siswa (95,12%) pada Siklus III. Sementara itu pada siswa Kelas X.2 jumlah siswa yang aktif pada Siklus I hanya 15 siswa (37,50%), meningkat menjadi 27 siswa (67,50%) pada Siklus II dan kembali mengalami peningkatan menjadi 36 siswa (90,00%) pada Siklus III. (3) Sistem evaluasi pembelajaran inkuiri pada siswa Kelas X.1 dan X.2 SMA Negeri 1 Bandar Lampung, menunjukkan uji validitas dan reliabilitas Siklus I (indeks 0.908), tingkat kesukaran soal (61,24%) dan daya beda soal (72,86%). Uji validitas dan reliabilitas Siklus II (indeks 0.925), tingkat kesukaran soal (58,72%) dan daya beda soal (71,17%). Uji validitas dan reliabilitas Siklus III (indeks 0.932), tingkat kesukaran soal (62,37%) dan daya beda soal (74,22%). (4) Prestasi belajar PKn siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Lampung setelah dilaksanakan pembelajaran inkuiri menunjukkan peningkatan pada setiap siklus. Siswa Kelas X.1 yang tuntas pada Siklus I berjumlah 23 siswa (60,53%), menjadi 30 siswa (78,95%) pada Siklus II dan kembali menjadi 35 siswa (92,11%) pada Siklus III. Siswa Kelas X.2 yang tuntas pada Siklus I berjumlah 25 siswa (62,50%), menjadi 31 siswa (77,50%) pada Siklus II dan menjadi 36 siswa (90,00%) pada Siklus III. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Inkuiri
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | S.I.Kom. Endah Kurniasari |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 07:58 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/396 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |