PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AQMARINA FERIAL, 1013053103 (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 7 Metro Pusat. Hasil pengamatan menunjukkan pembelajaran tematik terpadu belum berjalan sesuai yang diharapkan. Pembelajaran belum disesuaikan dengan tema, siswa belum terbiasa dengan kegiatan penyelidikan dan presentasi, kurangnya pemanfaatan media grafis, dan rendahnya hasil belajar siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk siklus, tahapannya yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan soal tes yang diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori “Cukup” menjadi “Baik” di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai “Cukup Terampil” menjadi “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 68% menjadi 80% pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, problem based learning, media grafis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:09
Last Modified: 13 Oct 2014 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item