AQMARINA FERIAL, 1013053103 (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (281Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (449Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 7 Metro Pusat. Hasil pengamatan menunjukkan pembelajaran tematik terpadu belum berjalan sesuai yang diharapkan. Pembelajaran belum disesuaikan dengan tema, siswa belum terbiasa dengan kegiatan penyelidikan dan presentasi, kurangnya pemanfaatan media grafis, dan rendahnya hasil belajar siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk siklus, tahapannya yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan soal tes yang diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori “Cukup” menjadi “Baik” di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai “Cukup Terampil” menjadi “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 68% menjadi 80% pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, problem based learning, media grafis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:09 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3996 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |