DITA TRICANDRIA NINGSIH, 1013053108 (2014) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DAUD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (342Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (734Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar Tematik siswa kelas IV Daud SD Muhammadiyah Metro Pusat dengan jumlah 55% siswa belum tuntas dari 36 siswa dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu ≥75. Perbaikan pembelajaran melalui penerapan metode role playing dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Daud. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi dengan teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Data tentang aktivitas, afektif, psikomotor siswa dan kinerja guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar panduan observasi, kemudian hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan pada setiap akhir pertemuan pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran dengan metode role playing menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 49,91 dengan kategori cukup dan siklus II 76,30 dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa siklus I 70,64 dengan kategori baik dan siklus II 82,75 dengan kategori amat baik. Jadi, metode role playing dapat meningkatkaan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan dapat diterapkan oleh guru di sekolah dasar lainnya. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, role playing.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:09 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4007 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |