PEMBELAJARAN MEMAHAMI STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS ANEKDOT PADA KELAS X IPA 1 SMA N 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ani Setiawati, 1013041002 (2014) PEMBELAJARAN MEMAHAMI STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS ANEKDOT PADA KELAS X IPA 1 SMA N 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1349Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran di kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot di kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot pada kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro. Teknik yang digunakan peneliti untuk pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran. Kegiatan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kegiatan perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru, yaitu RPP.Guru telah menyusun RPP yang lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP. Selanjutnya,kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan guru mengucapkan salam, menanyakan kesiapan dalam pembelajaran, menanyakan kehadiran siswa, menyampaikan materi yang akan dibelajarkan, dan mengaitkan materi yang sebelumnya. Selanjutnya, pada kegiatan inti guru memberikan materi tentang memahami struktur dan kaidah teks anekdot, strategi yang digunakan dalam pembelajaran, pendekatan scientific, model pembelajaran discovery learning ,serta media dan alat yang digunakan dalam pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan inti, guru menuntut siswa untuk mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Kemudian, pada kegiatan penutup, guru melakukan refleksi pembelajaran, terlebih dahulu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat. Setelah siswa menyampaikan pendapatnya tentang memahami struktur dan kaidah teks anekdot, guru menyimpulkan keseluruhan pembelajaran.Struktur dan kaidah teks anekdot dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru yaitu guru menerangkan tentang struktur teks anekdot yang terdiri atas abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda, sedangkan untuk kaidah yang dijelaskan oleh guru yaitu berupa lelucon atau cerit amenggelitik dan di dalamnya terkadang kebenaran tertentu yang bisa menjadi pelajaran bagi khalayak.Struktur dan kaidah teks anekdot dapat dipahami oleh semua siswa hal ini terbukti dengan hasil diskusi yang dinilai oleh guru rata-rata setiap kelompok dapat memahami struktur dan kaidah teks anekdot.Tahap kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu penilaian. Pada penilaian pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot, guru menggunakan teknik tes tertulis dan tes praktik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 819151 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2014 06:50
Terakhir diubah: 13 Oct 2014 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir