Ani Setiawati, 1013041002 (2014) PEMBELAJARAN MEMAHAMI STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS ANEKDOT PADA KELAS X IPA 1 SMA N 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (259Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1349Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran di kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot di kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot pada kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro. Teknik yang digunakan peneliti untuk pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran. Kegiatan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kegiatan perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru, yaitu RPP.Guru telah menyusun RPP yang lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP. Selanjutnya,kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan guru mengucapkan salam, menanyakan kesiapan dalam pembelajaran, menanyakan kehadiran siswa, menyampaikan materi yang akan dibelajarkan, dan mengaitkan materi yang sebelumnya. Selanjutnya, pada kegiatan inti guru memberikan materi tentang memahami struktur dan kaidah teks anekdot, strategi yang digunakan dalam pembelajaran, pendekatan scientific, model pembelajaran discovery learning ,serta media dan alat yang digunakan dalam pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan inti, guru menuntut siswa untuk mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Kemudian, pada kegiatan penutup, guru melakukan refleksi pembelajaran, terlebih dahulu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat. Setelah siswa menyampaikan pendapatnya tentang memahami struktur dan kaidah teks anekdot, guru menyimpulkan keseluruhan pembelajaran.Struktur dan kaidah teks anekdot dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru yaitu guru menerangkan tentang struktur teks anekdot yang terdiri atas abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda, sedangkan untuk kaidah yang dijelaskan oleh guru yaitu berupa lelucon atau cerit amenggelitik dan di dalamnya terkadang kebenaran tertentu yang bisa menjadi pelajaran bagi khalayak.Struktur dan kaidah teks anekdot dapat dipahami oleh semua siswa hal ini terbukti dengan hasil diskusi yang dinilai oleh guru rata-rata setiap kelompok dapat memahami struktur dan kaidah teks anekdot.Tahap kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu penilaian. Pada penilaian pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot, guru menggunakan teknik tes tertulis dan tes praktik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 819151 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 06:50 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 06:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4033 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |