EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Ama Nur Anna , 0913023075 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (314Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf

Download (713Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf

Download (685Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (324Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8 MOTO.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (243Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (600Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa kelas X pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 8 kelas di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2012-2013. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling hasil yang diperoleh adalah 2 sampel yaitu kelas X7 dan X8. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Efektivitas pembelajaran Learning Cycle 5E dikatakan efektif dapat meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa apabila secara statistik rata-rata n-Gain siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain minat untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,26 dan 0,54 dan rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,43. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran melalui Learning Cycle 5E memiliki minat dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan non elektrolit dan nelektrolit melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : pembelajaran Learning Cycle 5E, minat, dan penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 396070 . Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2014 08:12
Terakhir diubah: 15 Oct 2014 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir