Supriyono, Lusia Pramita Sari (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TOTOKATON TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (1169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1096Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf - Published Version Download (194Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (355Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2271Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Totokaton tahun pelajaran 2012/2013 dengan nilai rata-rata ulangan semester ganjil mata pelajaran matematika 58,07. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe index card match. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat pada persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 47,11% dengan kategori cukup aktif, siklus II sebesar 58,91% dengan kategori cukup aktif, dan siklus III sebesar 75,12% dengan kategori aktif. Sementara persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,67 dengan kategori sedang, siklus II sebesar 65,19 dengan kategori tinggi, dan siklus III sebesar 79,44 dengan kategori tinggi. Sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 55,56% dengan kategori sedang, siklus II sebesar 66,67% dengan kategori tinggi, dan siklus III sebesar 88,89% dengan kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: strategi index card match, aktivitas dan hasil belajar matematika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:00 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/416 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |