PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI READING GUIDE DAN CARD SORTING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN

Holijah, Siti (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI READING GUIDE DAN CARD SORTING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN. Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_PERSEMBAHAN.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_DAFTAR ISI.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_BAB 1.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_BAB II.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_BAB III.pdf

Download (338Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_BAB IV.pdf

Download (288Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_BAB V.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_Daftar Pustaka.pdf

Download (185Kb) | Preview

Abstrak

Hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 masih rendah karena kemampuan guru PAI dalam menyusun RPP belum maksimal, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional belum menerapkan reading guide dan card sorting, penilaian masih berorientasi pada aspek kognitif belum menyentuh tiga ranah. Metode yang digunakan adalah kaji tindak menggunakan reading guide dan card sorting melalui siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Penelitian diadakan hanya dua siklus. Siklus 1 penerapan reading guide dan card sorting secara individual pada siklus ke 2 dilakukan dengan berkelompok. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes, untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun RPP menggunakan Instrumen APKG1, penerapan reading guide dan card sorting (mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen yang dirancang), mengamati proses penilaian pembelajaran. Hasil belajar untuk aspek sikap dan psikomotor menggunakan lembar pengamatan, aspek kognitif menggunakan tes formatif. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 aspek kognitif di kelas XI IPS1 yang mencapai nilai tuntas 19 siswa (57,58 %), nilai rata-rata kelas 69,1 menjadi 28 siswa (84,85%) dengan rata-rata kelas 76,06 meningkat 27,27%. Kelas XI IPS2 yang mendapat nilai tuntas 20 siswa (62,5%), rata-rata kelas 70,31 menjadi 27 siswa (87,1%), rata-rata kelas 71,21 meningkat 24,6%. Nilai ini diperoleh dari hasil tes formatif. Aspek psikomotor di kelas IPS 1 dari 22 siswa (66,67 %) menjadi 29 siswa (87,88%) meningkat 21,21% dan di kelas XI IPS 2 dari 20 siswa (62,5 %) menjadi 29 siswa (93,55 %) meningkat 31,05% yang dapat menempelkan kartu dengan tepat/ketepatan dalam mensortir kartu. Aspek afektif di kelas XI IPS 1 dari 42,42% yang mendapat kategori baik menjadi 78,79% meningkat 36,37% dan di kelas XI IPS 2 dari 50% menjadi 87,1% meningkat 37,1%. Penilaian sikap siswa dilihat dari sikap siswa pada saat beraktivitas. 2) Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus 1 rata-rata komponen 4,26, pada siklus 2 mencapai 4,37 dengan kategori baik, meningkat 0,11 poin pada komponen D (merancang pengelolaan kelas). 3) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran PAI di kelas XI IPS 1 pada siklus 1 baru mencapai 65% dan di kelas XI IPS 2 baru 70%, dari 20 aktivitas yang diamati. Berdasarkan temuan-temuan dan hasil analisis pada siklus 1 maka tindakan yang dilakukan guru pada siklus ke 2 adalah: penerapan reading guide dan card sorting dilakukan secara kelompok, guru memberikan penjelasan tentang tugas yang harus dikerjakan siswa, memberikan trik-trik dan batasan waktu. Maka terjadi peningkatan pada siklus 2 di kelas XI IPS 1 menjadi 85%, dan di kelas XI IPS 2 mencapai 90% . Aktivitas siswa mengalami peningkatan di kelas XI IPS 1 siklus 1 baru mencapai 46,21% menjadi 81,82% meningkat 35,61%. Di kelas XI IPS 2 dari 57,81% mejadi 87,9% meningkat 30,09% yaitu pada aktivitas membaca, menulis, bertanya/menjawab, dan mensortir kartu. 4) Penilaian menggunakan reading guide dan card sorting baik pada siklus 1 maupun siklus 2 sudah baik terbukti dengan dilakukan penilaian selama proses pembelajaran dan mencakup tiga ranah yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Research aim to mendeskripsikan of[is make-up of the quality of RPP PAI, activity learn and student in course of study, execution of assessment of study and also the make-up of result learn PAI class of XI IPS1 and of XI IPS2 after executing study [pass/through] guide reading and of card sorting. Method the used [is] study act to use guide reading and of card sorting [pass/through] cycle with planning step, execution, evaluation and observation and also analyse and refleksi [at] class student of XI IPS1 and of XI IPS2 SMAN 1 Kedondong. Research performed [a] until two cycle. Technique intake of data [done/conducted] with tes and non tes, to know the quality of RPP use Instrument of APKG1, teacher activity use instrument of APKG2, student activity use designed activity instrument as according to guide reading and of card sorting, Result of learning for the aspect of and attitude of psikomotor use perception sheet, cognate aspect use formative tes. Research MetodeHasil conclude 1) happened the make-up of the quality of compilation of RPP component mean 4,26, becoming 4,37 with good category, mounting 0,11 poin that is [at] component of D and E. 2) Activity learn in course of study of PAI [in] class of XI IPS 1 by using guide reading and of card natural sort [of] improvement, first cycle with score mean 3,46 becoming 4,2 mounting 0,74 poin and [in] class of XI IPS 2 from 3,64 becoming 4,32 mounting 0,68 poin, with good category 3) Student activity in course of study [pass/through] guide reading and of card natural sort [is] make-up of [in] class of XI IPS 1 first cycle 46,21% becoming 81,82% mounting 35,61%. [In] class of XI IPS 2 from 57,81% becoming 87,9% mounting 30,09%. 4) Happened the make-up of result learn after executing study by using guide reading and of card sorting; proved with existence of the make-up of [at] cognate aspect [in] class of XI IPS 1 tired [of] complete value 19 student (57,58 %), class average value 69,1 becoming 28 student (84,85%) with class mean 76,06 mounting 27,27%. Class of XI IPS 2 getting complete value 20 student ( 62,5%), class mean 70,31 becoming 27 student ( 87,1%), class mean 71,21 mounting 24,6%. aspect of Psikomotor [in] class of IPS 1 from 22 student (66,67 %) becoming 29 student (87,88%) mounting 21,21% and [in] class of XI IPS 2 from 20 student (62,5 %) becoming 29 student (93,55 %) mounting 31,05% which can paste up card correctly. aspect of Afektif [in] class of XI IPS 1 from 42,42% getting good category become 78,79% mounting 36,37% and [in] class of XI IPS 2 from 50% becoming 87,1% mounting 37,1%. By using guide reading and of card sorting happened the make-up of the quality of RPP PAI, activity learn and student in course of study, execution of assessment of study and also the make-up of result learn PAI class of XI IPS1 and of XI IPS2

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:01
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir