PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEDAUNG KECAMATAN PARDASUKA KABUPATEN PRINGSEWU

Harsono Asmoro, Heru Yudha Kesuma (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEDAUNG KECAMATAN PARDASUKA KABUPATEN PRINGSEWU. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (279Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (242Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (250Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (353Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1435Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 2 Kedaung menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas VI masih rendah dan hasil belajar belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Kedaung dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil belajar digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran lerning cycle dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Keterampilan proses sains siswa pada siklus I dengan kategori cukup baik, meningkat menjadi baik pada akhir siklus II. Kinerja guru pada siklus I memperoleh kategori cukup baik, meningkat pada akhir siklus II dengan kategori baik. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 39,13%, meningkat menjadi 91,30% pada akhir siklus II. Kata kunci: learning cycle, keterampilan proses sains, hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:01
Last Modified: 15 Jan 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item