Trimo, IHSAN (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD N I SUMBERAGUNG KECAMATAN METRO KIBANG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (502Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (642Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (116Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (247Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Terlihat dengan jumlah 33 siswa, sebanyak 18 siswa belum tuntas dengan persentase 54,55% sedangkan 15 siswa telah tuntas belajar dengan persentase 45,45%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data berupa lembar penilaian aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terlihat rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 53,73% dengan kaegori pasif. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa 72,04% dengan kategori aktif. Sedangkan hasil belajar siswa memperoleh rata-rata kelas pada siklus I 59,13, dan siklus II 69,85 dengan persentase siswa tuntas siklus I mencapai 54,54% dan siklus II 77,27%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan matematika realistik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:03 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/432 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |