TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG HAK-HAK DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN (Studi pada pasien rawat inap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung)

Ferdi Pratama, 0916011037 (2014) TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG HAK-HAK DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN (Studi pada pasien rawat inap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung). FAKULTAS ISIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (400Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (503Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (286Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (763Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (659Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (922Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (399Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
M O T O.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SAN WACANA.pdf

Download (544Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (544Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (658Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (876Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1282Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (793Kb) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849Kb)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (508Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan pasien rawat inap pengguna jamkesmas tentang hak-haknya sebagai pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Akses terhadap pelayanan kesehatan yang telah dijamin oleh Negara melalui jamkesmas belum seutuhnya terealisasi sebagaiamana mestinya. Faktanya masih banyak penyimpangan yang terjadi selama penyelenggaraan jamkesmas. Pasien sebagai konsumen kesehatan memiliki hak perlindungan dari kemungkinan upaya pelayanan kesehatan yang tidak bertanggung jawab yang diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat pemilik jamkesmas belum memahami dengan baik hak – hak yang mereka miliki. Pasien yang mengerti akan hak dan kewajibannya serta mengetahui dasar hukum dimana ia patut mendapatkan perlindungan, merupakan sebuah nilai penting untuk menguatkan posisinya di hadapan semua pihak yang terlibat di dalam pelayanan kesehatan tak terkecuali pasien di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar lampung. RSUD Dr. H. Abdul Moeloek sebagai Rumah Sakit Rujukan tertinggi di provinsi Lampung sudah seharusnya menjadi rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan sesuai UU dan peraturan yang berlaku. Kata kunci : Pengetahuan, pelayanan kesehatan, pasien, jamkesmas, rumah sakit, hak.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HM Sociology
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:46
Last Modified: 20 Oct 2014 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item