Sarno, YUYUN ISROWIYANI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (375Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (347Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (286Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (268Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (272Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3997Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat khususnya pada mata pelajaran Matematika, dilihat dari ketuntasan nilai individu diperoleh hasil bahwa dari 24 siswa hanya 6 siswa (25%) yang telah mencapai KKM (60). Tujuan penelitian adalah penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar di setiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian dapat dilihat dari presentasi rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 55,20 kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 64,16 kategori aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 13 siswa ( 54,17%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 24 siswa (100%). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Metode Diskusi Kelompok
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:03 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/436 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |