UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGS A W PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

., MUHAMAD BAROH (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGS A W PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (424Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (399Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2459Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Negeri 1 Jembrana. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru serta soal tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 52,9 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,8. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 59,17 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,92. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 58,33% (14 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (24 siswa). Kata Kunci: Aktivitas Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:05
Last Modified: 15 Jan 2014 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item