Ria Fitriani, 1013109134 (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 BOGOREJO GEDONGTATAAN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (527Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (922Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (323Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (1073Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (257Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 BOGOREJO GEDONGTATAAN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh RIA FITRIANI Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Bogorejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 2 Bogorejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes menggunakan soal tes dan nontes menggunakan lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Bogorejo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (63,00%) dan siklus II (89,00%). Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (68,67) dan siklus II (77,67). Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 1725015 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 06:26 |
Terakhir diubah: | 24 Oct 2014 06:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4608 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |