M. Yazid , Eliyanti (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN 2 NEGERI BESAR KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (147Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (798Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (235Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2721Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Matematika di SD Negeri 2 Negeri Besar tahun pelajaran 2012/2013 masih belum melibatkan siswa secara aktif. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Kondisi tersebut perlu solusi penyelesainnya. Menanggapi permasalah tersebut, maka dilaksanakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 2 Negeri Besar Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, pada semester ganjil atau semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terjadi pada bulan Juli dan Agustus tahun 2013.Metode penelitian yang digunakan berbentuk siklus, siklus ini tidak hanya berlangsung satu kali, tetapi beberapa kali hingga tercapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Matematika di kelas. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Hasil belajar siswa pada penelitian ini meningkat mulai dari siklus I sampai siklus III. dimana nilai rata-rata siklus II meningkat dari nilai siklus I yaitu 61,07 menjadi 66,01 dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 79,82. aktivitas belajar siswa antara siklus I (67,85%), siklus II (76,87%), dan siklus III (84,64%). Penggunaan cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Negeri Besar tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: matematika, aktivitas dan hasil belajar, pendekatan cooperative learning tipe STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:14 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |