MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN 2 NEGERI BESAR KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

M. Yazid , Eliyanti (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN 2 NEGERI BESAR KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (147Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (798Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2721Kb)

Abstrak

Pembelajaran Matematika di SD Negeri 2 Negeri Besar tahun pelajaran 2012/2013 masih belum melibatkan siswa secara aktif. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Kondisi tersebut perlu solusi penyelesainnya. Menanggapi permasalah tersebut, maka dilaksanakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 2 Negeri Besar Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, pada semester ganjil atau semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terjadi pada bulan Juli dan Agustus tahun 2013.Metode penelitian yang digunakan berbentuk siklus, siklus ini tidak hanya berlangsung satu kali, tetapi beberapa kali hingga tercapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Matematika di kelas. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Hasil belajar siswa pada penelitian ini meningkat mulai dari siklus I sampai siklus III. dimana nilai rata-rata siklus II meningkat dari nilai siklus I yaitu 61,07 menjadi 66,01 dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 79,82. aktivitas belajar siswa antara siklus I (67,85%), siklus II (76,87%), dan siklus III (84,64%). Penggunaan cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Negeri Besar tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: matematika, aktivitas dan hasil belajar, pendekatan cooperative learning tipe STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:14
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir