Zubir Nuri , TRISNA YULIZA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (332Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2113Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini di latar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat yang relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model Cooperative learning Tipe STAD pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu berupa data nilai evaluasi akhir siklus dan data kualitatif berupa data observasi aktivitas siswa. Data diambil dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri atas lembar observasi untuk aktivitas belajar dan soal tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa rata-rata siklus 1 (41,67%), siklus II (54,00%), siklus III (65,33%) hasil rekapitulasi peningkatan terhitung (1) dari siklus 1 ke siklus II meningkat (63,33%) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (82,58%), sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sampai siklus III, dimana nilai rata-rata siklus II meningkat dari nilai rata-rata siklus 1 yaitu 41,33 menjadi 50,33 dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 71,00. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning tipe STAD oleh guru yang mengajar kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning tipe STAD.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:14 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/472 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |