PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL

DINNY SEPTIANY, 1013023035 (2014) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (267Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery lear-ning pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil yang merupakan salah satu indikator dari keterampilan berpikir kreatif. Discovery learning terdiri dari 6 tahap yaitu: stimulasi (pemberian rangsangan), identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan pena-rikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA MA Negeri 1 Metro Tahun pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diper-oleh kelas XI IPA2 dan XI IPA3 semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014 seba-gai sampel penelitian. Efektivitas model discovery learning diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol sebesar 0,25 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,52. Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Dinny Septiany model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model discovery learning, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir orisinil

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 Oct 2014 02:12
Last Modified: 28 Oct 2014 02:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item View Item