FIVITA AYU, 1013043018 (2014) PENERAPAN EVALUASI FORMATIF PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMK WIYATA KARYA NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (253Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (399Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (611Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penerapan Evaluasi Formatif Pada Pembelajaran Tari Bedana di SMK Wiyata Karya Natar Oleh Fivita Ayu Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil penerapan evaluasi formatif pada pembelajaran tari Bedana di SMK Wiyata Karya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan evaluasi formatif pada pembelajaran tari Bedana di SMK Wiyata Karya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan dokumentasi, dan tes praktik yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Teori yang digunakan adalah evaluasi formatif dan pembelajaran. Evaluasi formatif adalah kegiatan penilaian yang bertujuan untuk mencari umpan balik, yang selanjutnya hasil penilaian tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar-mengajar yang sedang atau yang sudah dilaksakan. Evalusi dilakukan pada setiap pertemuan, siswa yang memperoleh nilai dibawah 56 dinyatakan belum menguasai materi yang diajarkan dan harus mengulangi kembali materi yang diajarkan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan langkah pokok proses evaluasi dalam penelitian ini, yaitu merumuskan atau mempertegas tujuan pengajaran yaitu siswa dapat menghafal dan menyesuaikan urutan ragam gerak dengan musik, menetapkan “test situation” yang diperlukan yaitu tes praktik, menyusun alat evaluasi yaitu lembar penilaian praktik, menggunakan hasil evaluasi yaitu sebagai diagnosis untuk mengetahui siswa yang sudah atau belum menguasai materi. Berdasarkan hasil tes praktik, dapat diketahui kemampuan siswa dalam aspek hafalan gerak dan ketepatan gerak dengan musik memperoleh nilai rata-rata 75,5 tergolong dalam kriteria baik. ABSTRACT Implementation of Formative Evaluation on the Study of Bedana Dance at SMK Wiyata Karya Natar By Fivita Ayu The problems of this research is how the process and results of the implementation of formative evaluation on the study of Bedana dance at SMK Wiyata Karya Natar. This research aims to describe the process and results of the implementation of formative evaluation on the study of Bedana dance at SMK Wiyata Karya Natar. The design used in this study is descriptive qualitative. Sources of data in this study were 10 students who take dance extracurricular activities. Data collection techniques used in this study is the method of observation, interviews, documentation and testing practices. The research instrument used manual observation, documentation, and testing practices conducted by the researchers themselves. The theory used is a formative evaluation and learning. Formative evaluation is the assessment that aims to seek feedback, which further results of this assessment can be used to improve the teaching and learning process that is being or has been dilaksakan. Evaluation is done at each meeting, students who scored below 56 declared not mastered the material being taught and must repeat the material being taught. The results of this study describe the main steps in the evaluation process of this study, namely to formulate or clarify the purpose of teaching the students can memorize and adjust the range of motion sequences with music, set the "test situation" that required the practice test, develop evaluation tools that practice the assessment form, using results of the evaluation as a diagnostic to determine students who have or have not mastered the material. Based on the results of the practice test, it can be seen in the students' ability rote aspects of motion and precision motion with music gained an average value of 75.5 classified in both criteria.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 07:40 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2014 07:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4859 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |